Wapres Pimpin Pemakaman KH Hasyim Muzadi

By Admin

nusakini.com--Diiringi gemuruh shalawat dan lantunan Surat Yaasin, jenazah almarhum KH Hasyim Muzadi dikebumikan. Makam almarhum berada di komplek Pondok Pesantren Al Hikam Depok Jawa Barat. 

Proses pemakaman berlangsung pada pukul 17.00 WIB, setelah sebelumnya jenazah dishalatkan di Mesjid Al Hikam. Upacara pemakaman KH Hasyim Muzadi dilakukan secara militer dipimpin oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla yang bertindak sebagai Inspektur Upacara. 

Diawali pembacaan riwayat hidup singkat almarhum, perlahan, jenazah mantan Ketua Umum PBNU ini diturunkan ke liang lahat, dilanjutkan dengan prosesi tabur bunga oleh keluarga diiringi iringan lagu Gugur Bunga oleh Korps Musik TNI. Selanjutnya, secara simbolis Wapres Jusuf Kalla melakukan penimbunan liang lahat, dilanjutkan oleh perwakilan keluarga. 

Setelah seluruh proses penguburan selesai, Wapres Jusuf Kalla atas nama negara meletakkan karangan bunga di pusara almarhum dilanjutkan oleh perwakilan keluarga Abdul Hakim. 

Proses pemakaman berjalan khidmat, tampak hadir Dubes Arab Saudi untuk Indonesia Syekh Usamah Bin Muhammad Asyaibi, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang sebelumnya ikut menjemput jenazah almarhum di Bandara Halim Perdanakusum, sejumlah Menteri Kabinet Kerja, pimpinan lembaga tinggi negara dan tokoh nasional lainnya, termasuk mantan Presiden RI Megawati Soekarno Putri. 

Wapres Jusuf Kalla dalam sambutannya menyampaikan, upacara ini digelar sebagai penghormatan kepada almarum yang telah berjasa bagi bangsa. "Kepergian almahum meningglkan kepedihan bagi kita semua, namun sebagai umat beragama kita harus melepaskannya dengan keikhlasan," ujar Wapres, Kamis (16/03). 

KH Solahuddin Wahid mewakili keluarga menyampaikan terimamasih kepada seluruh pihak yang telah membantu seluruh proses pemakaman almarhum. "Sambutan belasungkawa yang luar biasa dari masyarakat kepada almarhum, menunjukkan almarhum hidup di hati orang yang banyak," ujar Gus Solah. 

Iringan sayup sendu terompet dari prajurit TNI yang berada jauh dari area pemakaman menjadi penghormatan dan menandai berakhirnya seluruh prosesi pemakaman. Selamat jalan kyai..(p/ab)